Suwandewi, Ni Luh Komang Ayu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031238-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031238-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031238-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031238-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031238-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031238-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031238-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031238-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031238-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 7 sekolah dasar, 9 kelas dan 237 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji-t rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 2,416 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 45 diperoleh ttabel = 2,021. Hasil analisis menunjukkan thitung = 2,416 > ttabel = 2,021, maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran VAK berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus III Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test kompetensi pengetahuan IPA yang diperoleh kelompok eksperimen yaitu 87,73 lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 82,57. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran VAK berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | visualization auditory kinesthetic, audio visual, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH KOMANG AYU SUWANDEWI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 14:40 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 14:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3071 |
Actions (login required)
View Item |