Dewi, Ketut Rosita (2020) EFEKTIVITAS TEORI KONSTRUKTIVISTIK DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE DAN TEKNIK INDEX CARD MATCH MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031031-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031031-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031031-LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teori konstruktivistik dengan teknik Think Pair Share dan teknik Index Card Match melalui Lesson Study terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas VA. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah (RCTs) randomized controll trials. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian populasi, dikarenakan seluruh peserta didik kelas VA menjadi objek penelitian dari peneliti. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 26 orang peserta didik, yang dibagi kedalam dua kelompok besar. Untuk kelompok eksperimen jumlah peserta didik yang mendapatkan perlakuan berupa teknik Think Pair Share dan teknik Index Card Match melalui Lesson Study adalah sebanyak 13 orang, dan pada kelompok kontrol mendapatkan peserta didik sebanyak 13 orang. Pengumpulan data hasil belajar tematik peserta didik, dikumpulkan oleh peneliti menggunakan instrument berupa tes objektif (pilihan ganda) sebanyak 30 soal. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan statistik inferensial Independent Sampel T-test. Rata-rata pada hasil belajar peserta didik di kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang lebih besar dibandingkan rata-rata peserta didik pada kelompok eksperimen (22,85>18,62). Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS 22.00 pada tabel keputusan pada nilai Signifikansi (2-tailed) di peroleh nilai 0,009 yang artinya nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar tematik antara peserta didik pada kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa teknik think pair share dan teknik index card match melalui lesson study, dengan peserta didik pada kelompok kontrol yang mendapatkan perlakuan berupa teknik konvensional dari guru. Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulah bahwa teknik Think Pair Share dan teknik Index Card Match melalui Lesson Study memiliki pengaruh terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas VA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPS, ICM, Lesson Study |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Rosita Dewi |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 01:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3089 |
Actions (login required)
View Item |