Sudarsana, Ketut Ngurah Adi (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Busungbiu Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1611031144-COVER.pdf Download (750kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031144-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031144-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (505kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031144-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031144-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031144-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031144-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031144-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031144-LAMPIRAN.pdf Download (614kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji kelayakan instrumen penilaian keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV SD dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan menggunakan model RDR. Langkah-langkah model RDR yaitu: (1) tahap research (studi pendahuluan), (2) tahap development (pengembangan), dan (3) tahap research (uji efektivitas produk). Namun pada tahap research (uji efektivitas produk), uji coba instrumen tidak dilaksanakan karena kondisi dan waktu yang tidak memungkinkan di masa lockdown dengan protokol kesehatan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni lembar validasi dengan melibatkan dua orang pakar untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen. Subjek penelitian ini adalah instrumen penilaian keaktifan belajar siswa yang terdiri atas kisi-kisi dan lembar kuesioner dengan pernyataan sebanyak 35 item. Teknik yang digunakan dalam analisis data untuk uji validitas dengan rumus Gregory dan uji reliabilitas dengan rumus Kuder Richadson-20. Hasil relevansi instrumen menunjukkan pernyataan yang relevan sebanyak 31 item dan yang tidak relevan sebanyak 4 item. Hasil analisis data menunjukkan perhitungan validitas instrumen sebesar 0,88 yang berada pada kriteria sangat tinggi dan perhitungan reliabilitas instrumen sebesar 0,90 yang berada pada kriteria sangat tinggi. Simpulan dari hasil penelitian ini yakni instrumen yang dikembangkan menunjukkan valid dan reliabel, sehingga layak digunakan untuk menilai keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: keaktifan belajar, PPKn, instrumen penilaian. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KETUT NGURAH ADI SUDARSANA |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 15:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 15:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3112 |
Available Versions of this Item
- Pengembangan Instrumen Penilaian Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Busungbiu Tahun Pelajaran 2019/2020. (deposited 28 Jul 2020 15:00) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |