WULANDARI, RETNO (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP SELF CONFIDENCE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS 3 KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031224-COVER.pdf Download (559kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031224-ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031224-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031224-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031224-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031224-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031224-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031224-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031224-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Mengwi. Penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain Non Equivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus 3 Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 7 sekolah sebanyak 9 kelas dan 272 siswa. Sampel pada penelitian ini yang diperoleh dari teknik cluster random sampling yaitu kelas V SD No. 4 Sading sebanyak 38 orang siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan kelas V SD No. 2 Sading sebanyak 35 orang siswa sebagai kelompok kontrol yang kegiatan belajar mengajarnya melalui pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non tes yaitu angket (kuesioner) dan observasi. Angket dan lembar observasi merupakan instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini. Rerata self confidence dalam pembelajaran matematika pada kelompok eksperimen yaitu ¯x = 83,15 dan kelompok kontrol ¯x = 79,28. Uji-t dengan rumus polled varians merupakan teknik analisis yang digunakan. Didapatkanlah hasil analisis data (thitung = 2,5754 > ttabel = 1,9939) pada taraf signifikansi 5% (dk = 38 + 35 – 2 = 71) maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan self confidence dalam pembelajaran matematika antara kelompok yang mengikuti kegiatan belajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan kelompok yang mengikuti kegiatan belajar melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya model pembelajaran Creative Problem Solving memiliki pengaruh terhadap self confidence dalam pembelajaran matematika kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, Self Confidence, Pembelajaran Matematika, Percaya Diri, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | RETNO WULANDARI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 22:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 22:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3134 |
Actions (login required)
View Item |