PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Savitri, Kadek (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031326_COVER.pdf

Download (711kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031326_ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031326_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031326_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031326_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031326_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031326_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031326_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031326_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantuan media visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 179 orang. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 1 Baktiseraga sebanyak 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 2 Banjar Tegal sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung= 3,95 > ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung (3,95) > ttabel (2,000), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantuan media visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen =15,07> =12,46 rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol. Dengan demikian, model discovery learning berbantuan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Gugus XIII Kecamatan Bueleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, discovery learning, media visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Savitri
Date Deposited: 28 Jul 2020 15:16
Last Modified: 28 Jul 2020 15:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3154

Actions (login required)

View Item View Item