Ambaraputri, I. A. Anggia Pramesty Devi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MULTIPLE INTELLIGENCE DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS X KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (1611031320-COVER)
1611031320-COVER.pdf Download (879kB) |
|
Text (1611031320-ABSTRAK)
1611031320-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (1611031320-BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031320-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (493kB) |
|
Text (1611031320-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031320-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (1611031320-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031320-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (1611031320-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031320-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (1611031320-BAB 5 PENUTUP)
1611031320-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (1611031320-DAFTAR PUSTAKA)
1611031320-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
|
Text (1611031320-LAMPIRAN)
1611031320-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap multiple intelligence siswa kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020, mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020, dan mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair share terhadap multiple intelligence dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah non equivalent posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020, yang terdiri dari 5 kelas dalam 5 sekolah dasar yang berjumlah 126 orang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah group random sampling. Berdasarkan hasil pengundian diperoleh 2 sekolah yaitu SD N 3 Kaliuntu sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 orang siswa dan SD N 1 Kaliuntu sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 orang siswa. Metode pengambilan data menggunakan metode non tes dan tes. Data multiple intelligence diperoleh dengan instrumen kuisioner dan data hasil belajar IPA diperoleh dengan tes objektif yang sudah diuji validitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh signifikan terhadap multiple intelligence dan hasil belajar IPA. Kata kunci : IPA, TPS, Multiple Intelligence
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : IPA, TPS, Multiple Intelligence |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I. A. Anggia Pramesty Devi Ambaraputri |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 21:01 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 21:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3171 |
Actions (login required)
View Item |