Darmayanti, Ni Luh Ayu Nita (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP SELF EFFICACY SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SD GUGUS III KECAMATAN TEMBUKU KABUPATEN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031263-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031263-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031263- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031263-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031263-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031263-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031263-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031263-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031263-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan media audio visual terhadap self efficacy siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SD Gugus III Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest only control group. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh kelas V Gugus III Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 186. Sampel penelitian dengan jumlah 34 siswa kelas V SDN 5 Yangapi sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol kelas V SDN 1 Yangapi dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pemgumpulan data dengan teknik non tes. Teknik non tes yang digunakan adalah angket untuk mencari data self efficacy siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan statistic inferensial (uji-t). Perolehan rata-rata hasil angket kelompok eksperimen adalah 98, sedangkan rata-rata hasil angket kelompok kontrol 89, 96. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 58 diperoleh ttabel = 2,001 sedangkan didapatkan harga thitung = 4,935. Sehingga thitung > ttabel yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan media audio visual terhadap self efficacy siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SD Gugus III Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quantum learning berbantuan media audio visual, self efficacy IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH AYU NITA DARMAYANTI |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 01:26 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3226 |
Actions (login required)
View Item |