PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERORIENTASI MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Metriyani, Ni Luh (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERORIENTASI MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031221-COVER.pdf

Download (477kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031221-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031221-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031221-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031221-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031221-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031221-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031221-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031221-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay berorientasi Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah 112 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu SD Negeri 8 Sangsit sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 4 Sangsit sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode tes yang berbentuk tes pilihan ganda yang sudah divalidasi. Uji t digunkan untuk menganalisis data yang telah didapatkan. Setelah menganalisis data diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,08> ttabel = 1,998). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Demikian pula skor rata-rata siswa kelompok eksperimen yaitu 13,16 yang berada pada kategori tinggi dan skor rata-rata siswa kelompok kontrol yaitu 11 yang berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Course Review Horay berorientasi Matematika Realistik berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika Realistik, Course Review Horay
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH METRIYANI
Date Deposited: 28 Jul 2020 21:35
Last Modified: 28 Jul 2020 21:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item