Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Cerita Bergambar terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020

Qomariyah, Siti (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Cerita Bergambar terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031327-COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031327-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031327-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031327-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031327-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031327-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031327-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031327-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031327-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kendala yang dihadapi oleh guru. Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang minat dalam belajar masih kurang, kewalahan dalam menghadapi kesulitan, dan tidak mandiri dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Populasi penelitian ini berjumlah 126 orang siswa di kelas IV. Teknik pengumpulan data yaitu tes esai dalam mengukur hasil belajar Bahasa Indonesia dan non tes berupa angket untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan MANOVA (Mulitivariat Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia (F=761,807, dengan Sig. <0,05). Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia (F=220,418, dengan Sig. <0,05). Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia (F=446,095, dengan Sig. <0,05). Jadi, dengan adanya model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa. Penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media cerita bergambar dapat mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran dikarenakan pembelajaran akan berpusat pada siswa serta sebagai bahan untuk memilih model pembelajaran agar lebih bervariasi dengan tetap menyesuaikan dengan karakteristik siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Make a Match, Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Make a Match, Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Siti Qomariyah
Date Deposited: 28 Jul 2020 22:00
Last Modified: 28 Jul 2020 22:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3320

Actions (login required)

View Item View Item