Sariawan, Made Kembar Nesa (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031380-COVER.pdf Download (459kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031380-ABSTRAK.pdf Download (389kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031380-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031380-BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031380-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031380-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031380-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031380-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031380-LAMPIRAN.pdf Download (578kB) |
Abstract
ABSTRAK Banyaknya hasil penelitian yang dilakukan tidak dirangkum atau di uji kembali, sehingga keefektivan model Numbered Heads Together dalam meningkatkan hasil belajar IPA tidak terlihat. Penelitian kepustakaan terbaru mengenai model Numbered Heads Together pada pembelajaran IPA di jenjang pendidikan sekolah dasar belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pembelajaran ipa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together dengan menggunakan formula effect size pada sekolah dasar di Bali. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 artikel artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014-2020 pada jenjang sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 artikel yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 0,984, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu 0,984 ≥ 0,8. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model Numbered Heads Together secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar IPA siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together sangat cocok digunakan pada pembelajaran IPA, dikarenakan besar pengaruh model numbered heads together ada pada kategori besar dan sedang. Tentu hal tersebut didukung oleh manfaat model pembelajaran Numbered Heads together itu sendiri, yaitu penerimaan terhadap individu menjadi lebih besar, kepekaan dan toleransi, hasil belajar lebih tinggi, rasa harga diri menjadi lebih tinggi dan pemahaman yang lebih mendalam. Penelitian ini akan memberikan stimulus atau menjadi dasar bagi guru dalam menggunakan model Numbered Heads Together dalam menyampaikan materi dengan tepat, siswa mudah memahami materi, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kata Kunci: meta-analisis, efect size, model numbered heads together, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | penelitian ini adalah penelitian kepustakaan |
Uncontrolled Keywords: | meta-analisis, efect size, model numbered heads together, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Kembar Nesa Sariawan |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3323 |
Actions (login required)
View Item |