HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN BANJAR

Devy Ariningsih Chandradilova, Kadek (2020) HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1613021007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021007-ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021007-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah utama yang dikaji pada penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri se-Kecamatan Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis hubungan keterlibatan orang tua dan prestasi belajar fisika, (2) menganalisis hubungan motivasi berprestasi dan prestasi belajar fisika, dan (3) menganalisis hubungan keterlibatan orang tua dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Jumlah populasi sebanyak 250 siswa..Data keterlibatan orang tua dan motivasi berprestasi dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data prestasi belajar dikumpulkan menggunakan tes esai. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner keterlibatan orang tua dan motivasi berprestasi sebesar 0,892, sedangkan tes prestasi sebesar 0,713. Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas, linieritas dan keberartian arah regresi, multikolinieritas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 1) hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan orang tua dan prestasi belajar fisika dengan r1y = 0,294 yang artinya memiliki hubungan korelasi rendah dan sumbangan efektif sebesar 7,05%, 2) hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar fisika dengan r2y = 0,212 yang artinya memiliki hubungan korelasi rendah dan sumbangan efektif sebesar 3,74%, 3) hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan orang tua dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika dengan R = 0,328 yang artinya memiliki hubungan korelasi rendah dan sumbangan efektif sebesar 10,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orang tua motivasi berprestasi, dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Kadek Devy Ariningsih Chandradilova
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:06
Last Modified: 29 Jul 2020 03:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3435

Available Versions of this Item

  • HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN BANJAR. (deposited 29 Jul 2020 03:06) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item