Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020

Kusmayani, Made Era (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text
1611031352-COVER.pdf

Download (439kB)
[img] Text
1611031352-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text
1611031352-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
1611031352-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
1611031352-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
1611031352-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
1611031352-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
1611031352-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
1611031352-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu Eksperimen semu dengan desain penelitian Non-equivalent Post-Test Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Sukasada yang berjumlah 133 orang. Pengambilan sampel diambil dengan cara random sampling. Dari hasil pengundian ditetapkan kelas IV di SD 3 Padangbulia yang berjumlah 24 orang (kelompok eksperimen) dan kelas IV di SD 1 Padangbulia yang berjumlah 23 orang (kelompok kontrol). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes objektif. Analisis data melalui tahap analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata 21,16 berada pada kategori tinggi dan kelompok kontrol diperoleh rata-rata 16,95 berada pada kategori sedang. Sementara hasil analisis uji-t menunjukkan (t = 5,54 sig = 0,00). Dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran quantum berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, quantum, video.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Era Kusmayani
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:37
Last Modified: 29 Jul 2020 06:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item