PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Mawarni, Putu Vivi Ika (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021030-COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021030-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021030-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran cooperative problem solving terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 54 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik random sampling dan terpilih kelas X MIPA 2 sebaai kelas kontrol serta kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa adalah soal essay dengan jumlah soal sebanyak 10 butir dengan konsistensi internal butir berkisar 0,340 sampai dengan 0,690 dan reliabilitas tes 0,639 dengan kategori tinggi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan ANAKOVA, rata-rata nilai posttest kelompok model pembelajaran kooperatif sebesar 55,58 dengan kategori cukup dan model pembelajaran cooperative problem solving sebesar 60,00 dengan kategori cukup. Hasil belajar siswa yang paling meningkat adalah kelompok model pembelajaran cooperative problem solving. Berdasarkan hasil analisis statistik, diperoleh nilai statistik F* = 4,359 dengan angka signifikansi 0,042 yang berarti perolehan angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p< 0,05). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran cooperative problem solving. Siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran cooperative problem solving lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif dalam hal pencapaian hasil belajar siswa. Kata-kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, cooperative problem solving, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, cooperative problem solving, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: PUTU VIVI IKA MAWARNI
Date Deposited: 29 Jul 2020 07:13
Last Modified: 29 Jul 2020 07:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3475

Actions (login required)

View Item View Item