Utami, Ida Ayu Diah Cahya (2020) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI DI KOTA BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021048-COVER.pdf Download (830kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021048-ABSTRAK.pdf Download (409kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613021048-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (455kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613021048-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613021048-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021048-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1613021048-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021048-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara 1) motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika, 2) kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar fisika, 3) motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri di Kota Bangli yang berjumlah 292 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling yang berjumlah 166 siswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes esai dengan konsistensi internal butir pada motivasi belajar berkisar antara 0,061 sampai 0,666 dan reliabilitas 0,735 dengan kategori tinggi. Konsistensi internal butir pada kedisiplinan siswa berkisar 0,147 sampai 0,81 dan reliabilitas 0,737 dengan kategori tinggi. Konsistensi internal butir pada Prestasi belajar fisika siswa berkisar 0,087 sampai 0,629 dan reliabilitas 0,706 dengan kategori tinggi. Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas, linieritas dan keberartian arah regresi, multikolinieritas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan siswa tergolong kedalam kategori tinggi, sedangkan prestasi belajar fisika siswa tergolong kategori rendah (α=0,05). Hasil analisis data uji statistik regresi menunjukan terdapat hubungan positif dan signifikan antara 1) motivasi belajar (X1) dengan prestasi belajar fisika (Y) siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Bangli (p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 1,66%, 2) kedisiplinan siswa (X2) dengan prestasi belajar fisika (Y) siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Bangli (p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 1,34%, 3) motivasi belajar (X1) dan kedisiplinan siswa (X2) dengan prestasi belajar fisika (Y) siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Bangli (p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 3,0%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan siswa, prestasi belajar fisika, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Diah Cahya Utami |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 07:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 07:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3520 |
Actions (login required)
View Item |