PENGARUH E-LEARNING BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA

Pradnyani, Ni Putu Martina (2020) PENGARUH E-LEARNING BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021013-COVER.pdf

Download (952kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021013-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (578kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021013-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

PENGARUH E-LEARNING BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA Oleh Ni Putu Martina Pradnyani, NIM 1613021013 Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep fisika siswa di SMA antara siswa yang belajar dengan model e-learning berbasis inkuiri terbimbing dan model e-learning direct instruction. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Bangli yang terdistribusi dalam 4 kelas dengan anggota 143 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random assignment. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep fisika siswa, yang diperoleh dengan tes pemahaman konsep fisika siswa. Tes pemahaman konsep yang digunakan dalam bentuk essay yang terdiri dari 18 butir soal, konsistensi internal butir tes bergerak dari 0,31 s/d 0,50 dan reabilitas tes adalah 0,699. Data dianalisis berdasarkan analisis deskriptif dan ANAKOVA. Sebagai tindak lanjut ANAKOVA, digunakan Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi nilai rata-rata kelompok perlakuan. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%, namun sebelum uji hipotesis dilakukan uji asumsi, yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan model e-learning berbasis inkuiri terbimbing dan model e-learning berbasis direct instruction (F = 997,308; p<0,05). Hasil uji LSD menunjukkan pemahaman konsep fisika siswa yang belajar dengan model e-learning berbasis inkuiri terbimbing lebih tinggi dari model e-learning berbasis direct instruction (LSD = 0,870). Kata-kata kunci; model e-learning berbasis inkuiri terbimbing, model e-learning berbasis direct instruction, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model e-learning berbasis inkuiri terbimbing, model e-learning berbasis direct instruction, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ni Putu Martina Pradnyani
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:36
Last Modified: 30 Jul 2020 02:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item