Noviani, Ni Ketut Ari (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CERDAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031321-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031321-ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031321-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031321-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031321-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (930kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031321-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031321-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031321-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031321-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran “CERDAS” terhadap hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran “CERDAS” siswa kelas IV gugus VII kecamatan sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 128 siswa yang tersebar ke dalam delapan Sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik intact group random sampling. Berdasarkan teknik undian, diperoleh hasil siswa kelas IV SDN 1 Selat sebagai kelas kontrol dan SDN 2 Selat sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 43 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Data dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan statistic iferensial (uji-t). Bedasarkan analisis data didapat thitung lebih besar dari ttabel (4,563>1,68), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CERDAS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus VII Kecamatan Sukasada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CERDAS, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Ari Noviani |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 03:42 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 03:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3725 |
Actions (login required)
View Item |