Dwipayana, Made Resha (2020) Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Efikasi DIri dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X MIA 1 di SMA Negeri 1 Sukasada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413021058-COVER.pdf Download (383kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413021058-ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413021058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413021058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENETIAN)
1413021058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413021058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413021058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413021058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413021058-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan efikasi diri serta prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif. Subjek penelitian Tindakan kelas ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sukasada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang. Objek Tindakan pada penelitian Tindakan kelas ini yaitu model pembelajaran kolaboratif di kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sukasada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 serta objek amatan pada penelitian ini yaitu efikasi diri serta prestasi belajar siswa di kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sukasada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Data prestasi belajar siswa didapat dengan tes prestasi belajar berupa tes essay di akhir siklus I dan akhir siklus II. Data efikasi diri siswa diperoleh menggunakan kuesioner. Teknik analisis prestasi belajar yaitu skor yang diperoleh dikonversi dalam skala 100, skor yang diperoleh dibagi skor maksimum dikali 100 dengan kriteria keberhasilan siswa pada penelitian ini jika memenuhi rata-rata nilai memenuhi KKM minimal lebih besar samadengan 70 dan ketuntasan klasikal minimal lebih besar samadengan 75%. Teknik analisis efikasi diri dilakukan dengan mengkonversi skor rata-rata efikasi diri siswa ke dalam nilai absolut skala lima dengan kriteria keberhasilan pada efikasi diri apabila berkualifikasi minimal tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) terdapat peningkatan prestasi belajar oleh siswa dilihat dari nilai rata-rata kelas siklus I yakni 74,16, dengan nilai tertinggi 84,00, standar deviasi 4,41, ketuntasan klasikal 83,33% dan nilai rata-rata pada siklus II yakni 80,67, dengan nilai tertinggi 88,00, standar deviasi 3,47, ketuntasan klasikal 100%; 2) rata-rata skor kuesioner efikasi diri siswa yang diperoleh yakni 145,67 dengan kategori sangat tinggi; dan 3) siswa memberikan nilai efikasi diri yang sangat tinggi serta peningkatan prestasi belajar selama mengikuti proses belajar mengajar dengan model pembelajaran kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kolaboratif, efikasi diri, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Made Resha Dwipayana |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 09:11 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 09:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3760 |
Actions (login required)
View Item |