PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BLENDED - SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MANGGIS

Suardana, I Gede (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BLENDED - SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MANGGIS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829091016-COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829091016-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829091016-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Perangkat Pembelajaran Ekonomi Bleended-Scientific Learning Berbantuan Quipper School,menganalisis efektivitas penggunaannya terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan (R&D) dengan model Plomp, data Aktivitas Belajar Peserta Didik dikumpulkan melalui observasi,sedangkan hasil belajar peserta didik melalui tes uraian (Essay), Data yang diproleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif meliputi Uji normalitas data dilakukan dengan menggunakan statistic Kolmogorov-Smirnov selanjutnya dilakukan uji Manova. Semua pengujian dilakukan pada taraf signifikasi 5% dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 17 for Windows. Desain akhir perangkat pembelajaran ekonomi berbantuan Quipper Schooladalah RPP, UKBM,tes dan media pembelajaran telah mendapatkan penilaian validasi dari : 1) ahli materi dan media pembelajaran diproleh rerata skor 3,20 yang termasuk dalam kategori valid, 2) ujicoba kelompok kecil diproleh rerata skor 3,70 , yang termasuk dalam kategori sangat valid, sehingga layak digunakan. Media pembelajaran ekonomi berbantuan Quipper School efektif meningkatkan aktivitas belajar sebesar 57,74%, dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik berada pada 98,50 % dengan kategori sangat baik. Hasil uji MANOVA diperoleh bahwa perangkat pembelajaran Blanded Saintifik Learning berbantuan Quipper School berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa sesudah pembelajaran blanded saintifik learning berbantuan quipper school.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat, Ekonomi, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: I Gede Suardana
Date Deposited: 18 Oct 2020 11:19
Last Modified: 18 Oct 2020 11:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4045

Actions (login required)

View Item View Item