Pengembangan E-modul Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMA

Meianti, Ni Made Putu (2020) Pengembangan E-modul Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021045-COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021045-ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021045-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah utama yang dikaji pada penelitian ini rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA SMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk e-modul pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Materi yang dibahas pada e-modul adalah materi impuls dan momentum sesuai dengan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Develoment (R & D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pengembangan AM3PU3 menurut Santyasa. Subjek dalam penelitian pengembangan e-modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning terdiri dari 2 orang ahli isi pembelajaran, 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang ahli desain pembelajaran dan 7 orang guru fisika sebagai ahli praktisi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket ahli isi, media dan desain pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil berikut: (1) e-modul dinyatakan valid berdasarkan hasil isi modul sesuai dengan kurikulum 2013 dan berkualifikasi sangat baik dengan persentase angket ahli isi sebesar 91%, (2) media e-modul berkualifikasi sangat baik dengan persentase 100%, dan (3) desain e-modul berkualifikasi baik dengan rata-rata hasil angket antara ahli desain 1 dan ahli desain 2 sebesar 291,5. E-modul fisika berbasis problem based learning yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Keterampilan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: NI MADE PUTU MEIANTI
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:36
Last Modified: 20 Oct 2020 02:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4135

Actions (login required)

View Item View Item