ANALISIS TIPOLOGI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI JENJANG SMA

Wahyuni, Putu Lily (2020) ANALISIS TIPOLOGI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI JENJANG SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011087-COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011087-ABSTRAK.pdf

Download (399kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (498kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011087-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pembelajaran matematika siswa di jenjang SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post vacto dengan metode penelitian survey. Populasi penelitian ini ialah kelas X dan kelas XI SMA Negeri 9 Luwu Timur tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 14 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 465 orang. Sampel yang dipilih sebanyak 82 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling dan untuk menentukan besar ukuran sampelnya menggunakan rumus slovin. Untuk mengetahui tipe belajar matematika siswa selama pembelajaran daring dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang memanfaatkan google form. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis faktor. Hasil dari analisis faktor tersebut menunjukkan bahwa selain dipengaruhi oleh pola mengajar guru, diperoleh tiga faktor yang mempengaruhi tipe belajar matematika siswa yaitu: faktor proses pembelajaran dan pemberian tugas pada tipe belajar visual dengan nilai persentase sebesar 53,54%, faktor pemahaman siswa secara auditorial dengan nilai persentase sebesar 47,68%, dan faktor proses pembelajaran dan pemberian tugas pada tipe belajar kinestetik dengan nilai persentase sebesar 33,24%. Artinya, tipe belajar matematika siswa selama pembelajaran daring dilakukan adalah tipe belajar visual. Dengan diketahuinya tipe belajar matematika siswa maka dapat digunakan untuk mengevaluasi proses pembelajaran daring pada pembelajaran matematika agar berjalan optimal sehingga tujuan pembelajaran yang dicanangkan dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tipologi belajar siswa, pembelajaran daring, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: PUTU LILY WAHYUNI
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:20
Last Modified: 21 Oct 2020 01:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item