PENGARUH TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (TKN) TERHADAP KECERDASAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS LETDA MADE PUTRA KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yuniari, Ni Putu (2020) PENGARUH TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (TKN) TERHADAP KECERDASAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS LETDA MADE PUTRA KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041022-ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041022-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yuniari, Ni Putu (2020), Pengaruh Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) Terhadap Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Tema Peristiwa dalam Kehidupan Kelas V SD Negeri Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun 2019/2020. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I : Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si Kata kunci: TKN, kecerdasan sosial, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teknik klarifikasi nilai (TKN) dalam pembelajaran PKn baik secara simultan dan terpisah terhadap kecerdasan dan hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar (SD) Gugus Letda Made Putra. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD di Gugus Letda Made Putra Denpasar Utara Tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 409 siswa. Dari jumlah itu, dipilih 120 siswa dengan teknik sampel acak. Data kecerdasan sosial dikumpulkan dengan kuesioner skala Likert dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes isian singkat. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan formula MANOVA pada taraf kesalahan 5% dengan bantuan software SPSS 17 for Windows. Hasil analisis menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) terhadap kecerdasan sosial dengan probabilitas sebesar 0,00 (F = 35,37 dimana p<0,05), (2) terdapat pengaruh signifikan Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) terhadap hasil belajar dengan probabilitas sebesar 0,00 (F = 17,35 dimana p<0,05) dan 3) terdapat pengaruh signifikan Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) terhadap kecerdasan sosial dan hasil belajar secara simultan dengan nilai probabilitas sebesar 0,00 (F = 6481,68 dimana p<0,05). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa TKN secara simultan dan terpisah berpengaruh terhadap kecerdasan dan hasil belajar siswa. Temuan ini berimplikasi pada penerapan teknik klarifikasi nilai dalam pelajaran PKn sebagai upaya memperbaiki dan meningkatkan kecerdasan sosial dan hasil belajar siswa khususnya pada tema “peristiwa dalam kehidupan’. Saran penelitian ini adalah perlunya evaluasi materi pelajaran PKn yang dapat dibelajarkan dengan teknik klarifikasi nilai dan guru harus demokratis ketika siswa memilih karakter yang disukai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: TKN, kecerdasan sosial, hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Putu Yuniari
Date Deposited: 23 Oct 2020 05:46
Last Modified: 23 Oct 2020 05:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item