Febiyanti, Made Dita (2020) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model ICARE untuk Pembelajaran Integral. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011022-COVER.pdf Download (837kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011022-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (431kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011022-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis model ICARE untuk pembelajaran integral yang valid dan praktis adalah tujuan dari penelitian ini. Pengembangan video pembelajaran berbasis model ICARE ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisys, Desain, Development, Implementation and Evaluation). Video pembelajaran berbasis model ICARE ini dinilai validitasnya oleh 2 validator yaitu 1 ahli materi dan 1 ahli media. Penelitian dilakukan pada uji terbatas kelompok kecil yang melibatkan seorang guru matematika kelas XI dan 6 siswa kelas XI SMA Negerii4 Singaraja. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa angket evaluasi ahli, angkettrespon guru dan angkettrespon siswa. Angket evaluasi ahli menggunakan angket penilaian LORI dengan skala 3 sedangkan angket respon guru dan siswa menggunakan angket skala 5 dengan kriteria-kriteria pertanyaan yang terkait dengan isi materi dan kualitas dari video pembelajaran yang dikembangkan. Analisissdata menggunakannteknik analisissdata”kualitatif. Video pembelajaran disusun berdasarkan tahapan dari model ICARE yang membuat video pembelajaran menjadi terstruktur dan mudah dipahami siswa. Hal itu menyebabkan video pembelajaran berbasis model ICARE berbeda dari video pembelajaran yang sudah ada sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keseluruhan dari uji validitas oleh para ahli sebesar 2,79 dari skor maksimal 3 dengan kriteria valid. Skor rata-rata dari respon guru sebesar 4,53 dari skor maksimal 5 dengan kategori tingkat kepraktisan sangat tinggi. Skor rata-rata dari respon siswa sebesar 4,03 dari skor maksimal 5 dengan kategori kepraktisan tinggi. Sehingga video pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Video pembelajaran berbasis model ICARE memiliki kelebihan yaitu bermanfaat bagi siswa seperti siswa dapat memahami materi integral secara mandiri lewat video pembelajaran yang dapat diulang-ulang penggunaannya serta video yang memiliki tahapan terstruktur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, model ICARE, integral, model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Made Dita Febiyanti |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 02:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 02:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4210 |
Actions (login required)
View Item |