Agatha, Gede Radipa Surya (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TOPIK GAYA LISTRIK DINAMIS DAN STATIS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031393-COVER.pdf Download (721kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031393-ABSTRAK.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031393-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031393-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031393-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031393-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031393-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031393-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031393-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statis kelas IV Sekolah Dasar. Subyek penelitian ini adalah guru-guru kelas IV SDN Gugus 1 Sriwijaya Kecamatan Pekutatan mencangkup 7 SD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Mengingat keterbatasan waktu karena penerapkan sistem lockdown, penelitian ini hanya dilaksanakan sampai dengan tahap pengembangan (develop) saja. Hasil analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Topik Gaya listrik Dinamis dan Statis Kelas IV Sekolah Dasar diperoleh hasil: validitas isi instrumen sebesar 1 yakni pada kategori sangat relevan, dan uji reliabilitas instrumen sebesar 0.80 pada kategori kuat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statik diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Kata kunci : pendekatan saintifik, perangkat pembelajaran, gaya listrik dinamis dan statis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan saintifik, perangkat pembelajaran, gaya listrik dinamis dan statis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gede Radipa Surya Agatha |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 03:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 03:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4213 |
Actions (login required)
View Item |