Juliarta, Putu Gde Agus (2020) PERANAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031401-COVER.pdf Download (562kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031401-ABSTRAK.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031401-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2 PENDAHULUAN)
1611031401-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031401-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031401-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUPAN)
1611031401-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031401-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031401-LAMPIRAN.pdf Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan model team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta analisis. Sampel penelitian ini, berjumlah enam artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014 sampai 2020 pada jenjang sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu mengidenfitikasi data-data yang diperlukan pada penelitian. Hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil secara keseluruhan sebesar 0,992. Hasil tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model team assisted individualization dapat dikategorikan berefek besar 0,992 ≥ 0,8. Sehingga dari hasil tersebut membuktikan bahwa pembelajaran dengan model team assisted individualization memberikan peranan yang bersifat positif bagi hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Berdasarkan keenam artikel yang dihitung, penelitian oleh I Wayan Juliarsa, Luh Putu Putrini Mahadewi, dan Ni Wayan Rati (2017) memiliki hasil effect size yang terbesar yaitu 1,76. Hasil tersebut berarti model team assisted individualization memiliki peran penting dalam proses pembelajaran dan pada hasil belajar siswa, dan hal tersebut tidak terlepas dari kelebihan model team assisted individualization yaitu pembelajaran yang mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual, dan dapat mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | meta analisis, effect size, model team assisted individualization, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Gde Agus Juliarta |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 08:55 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 08:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4230 |
Actions (login required)
View Item |