Eristiani, Sri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Pembelajaran Sederhana Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas V Gugus VII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031218-COVER.pdf Download (576kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031218-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031218-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031218-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031218-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031218-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031218-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031218-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031218-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media pembelajaran sederhana terhadap motivasi belajar Matematika kelas V SD gugus VII Kecamatan Buleleng, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media pembelajaran sederhana terhadap hasil belajar Matematika kelas V SD gugus VII Kecamatan Buleleng. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Posttes Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD gugus VII Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Pengambilan sampel menggunakan cara random sampling melalui teknik undian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner motivasi dan tes pilihan ganda hasil belajar Matematika. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan hasil belajar Matematika secara parsial dan simultan dengan taraf signifikansi 0,000<0,05%. Dengan demikian model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media pembelajaran sederhana berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD gugus VII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun pelajaran 2019/2020 saran bagi penelitian selanjutnya adalah diharap hasil penelitian ini dikembangkan dan dapat digunakan pada mata pelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | student facilitator and explaining, motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | SRI ERISTIANI |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 22:20 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 22:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4232 |
Actions (login required)
View Item |