PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SUBAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP LITERASI EKOLOGIS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 4 SINGARAJA

LESTARI, SESTU (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SUBAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP LITERASI EKOLOGIS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829091004-COVER.pdf

Download (378kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829091004-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829091004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis perbedaan literasi ekologis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan subak sebagai sumber belajar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional, (2) untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan subak sebagai sumber belajar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional, (3) untuk menganalisis perbedaan secara simultan literasi ekologis dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan subak sebagai sumber belajar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional di kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 352 orang yang tersebar di sebelas kelas. Penentuan sampel penelitian dengan random sampling, ditentukan kelas VIII B3 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 32 orang. Data dikumpulkan dengan tes literasi ekologis dan hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan anava dan manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan literasi ekologis antara siswa yang mengikuti model discovery learning berbantuan subak sebagai sumber belajar dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 19,397 (p < 0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model discovery learning berbantuan subak sebagai sumber belajar dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 86,899 (p < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan literasi ekologis dan hasil belajar IPS secara simultan antara siswa yang mengikuti model discovery learning berbantuan subak sebagai sumber belajar dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan FWilks' Lambda = 1024,079 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Subak, Literasi Ekologis, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Sestu Lestari
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:21
Last Modified: 21 Oct 2020 13:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4243

Actions (login required)

View Item View Item