EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD

Veriani, Ni Luh (2020) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031371-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031371-ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031371-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031371-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031371-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031371-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031371-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031371-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031371-LAMPIRAN.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPS siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu merieview secara sistematik dengan menganalisis hasil-hasil kajian penelitian yang telah dipublikasi di situs-situs resmi yang telah terakreditasi secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini, berjumlah enam artikel nasional pada jenjang sekolah dasar khususnya penelitian eksperimen penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPS siswa SD. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dari enam artikel dengan mengidentifikasi mean, varians dan standar deviasi dari perhitungan pada uji t. Hasil analisis yang telah dilakukan ditemukan bahwa secara keseluruhan nila rata-rata effect size sebesar 1,33 yang dikategorikan memiliki efek besar. Setelah analisis data dengan effect size, dari enam artikel tersebut efektifitas model pemeblajaran word square yang memiliki nilai effect size paling besar adalah penelitian yang dilakukan oleh Kd. Tia Lestari, Ni Kt. Suarni dan I Wyn. Suwatra (2013). Berdasarkan hasil analisis effect size dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran word square memiliki pengaruh yang besar dalam peningkatan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Meta-analisis, efect size, model word square, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Veriani
Date Deposited: 22 Oct 2020 05:57
Last Modified: 22 Oct 2020 05:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4248

Actions (login required)

View Item View Item