Krismantari Yuti, Ni Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA NON PROYEKSI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN BEBANDEM KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031379-COVER.pdf Download (875kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031379-ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031379-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (335kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031379-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031379-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031379-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031379-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031379-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (292kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031379-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran take and give berbantuan media non-proyeksi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Bebandem Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan post test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 121 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Bungaya dengan jumlah 27 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 3 Bungaya Kangin dengan jumlah 25 siswa. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran take and give berbantuan media non-proyeksi terhadap hasil belajar PKn siswa (t-hitung = 8,057 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05). Dilihat dari skor rata-rata, diketahui bahwa skor rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan skor rata-rata kelompok kontrol (21,89 > 12,76). Jadi model pembelajaran take and give berbantuan media non-proyeksi berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Semester II Gugus III Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2019/2020. Adanya penelitian ini membantu guru berinovasi dengan model dan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar PKn, non-proyeksi, take and give |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Krismantari Yuti |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 05:59 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 05:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4249 |
Actions (login required)
View Item |