YOGA PRAMANA, I PUTU (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEYAKINAN DIRI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1829041020-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041020-ABSTRAK.pdf Download (403kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829041020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1829041020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1829041020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1829041020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (743kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041020-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memperoleh instrumen keyakinan diri yang valid dan reliabel. (2) Memperoleh instrumen hasil belajar matematika yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan pendidikan dan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Subyek penelitian adalah 2 dosen ahli dan 3 praktisi guru kelas V SD. Pengembangan penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu penetapan, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Pada penelitian ini hanya terbatas sampai tahap pengembangan. Dengan alasan karena keterbatasan situasi kondisi pandemi Covid-19, waktu, dan biaya. Data dianalisis dengan menggunakan rumus CVR, rumus Alpha Cronbach, dan rumus KR-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen keyakinan diri yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 0,84 berada pada kategori sangat tinggi sehingga sangat layak digunakan pada pembelajaran. (2) Instrumen hasil belajar matematika yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,86 yang dinyatakan valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Instrumen keyakinan diri yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert dengan nilai 0,62 dengan kategori tinggi sehingga sangat layak digunakan dalam pembelajaran. (4) Instrumen hasil belajar matematika yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert dengan nilai 0,80 dengan kategori sangat tinggi dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan instrumen, keyakinan diri dan hasil belajar matematika |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) > D880 Developing Countries |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Putu Yoga Pramana |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 07:50 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 07:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4262 |
Actions (login required)
View Item |