PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEYAKINAN DIRI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

YOGA PRAMANA, I PUTU (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEYAKINAN DIRI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829041020-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041020-ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829041020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1829041020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1829041020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1829041020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (743kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041020-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memperoleh instrumen keyakinan diri yang valid dan reliabel. (2) Memperoleh instrumen hasil belajar matematika yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan pendidikan dan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Subyek penelitian adalah 2 dosen ahli dan 3 praktisi guru kelas V SD. Pengembangan penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu penetapan, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Pada penelitian ini hanya terbatas sampai tahap pengembangan. Dengan alasan karena keterbatasan situasi kondisi pandemi Covid-19, waktu, dan biaya. Data dianalisis dengan menggunakan rumus CVR, rumus Alpha Cronbach, dan rumus KR-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen keyakinan diri yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 0,84 berada pada kategori sangat tinggi sehingga sangat layak digunakan pada pembelajaran. (2) Instrumen hasil belajar matematika yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,86 yang dinyatakan valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Instrumen keyakinan diri yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert dengan nilai 0,62 dengan kategori tinggi sehingga sangat layak digunakan dalam pembelajaran. (4) Instrumen hasil belajar matematika yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert dengan nilai 0,80 dengan kategori sangat tinggi dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan instrumen, keyakinan diri dan hasil belajar matematika
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D880 Developing Countries
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Putu Yoga Pramana
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:50
Last Modified: 21 Oct 2020 07:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item View Item