Yamtinah, Yamtinah (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041035-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041035-ABSTRAK.pdf Download (490kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (335kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (866kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041035-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Yamtinah (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Tesis ini telah diperiksa dan disetujui oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Wayan Lasmawan, M.Pd Kata kunci: instrument keterampilan menulis, instrument kemampuan berpikir kreatif, ADDIE Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas isi instrumen keterampilan menulis karangan dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar; 2) reliabilitas instrumen keterampilan menulis karangan dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan desain dan produk (Design and Development) dengan merujuk pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatian, Evaluation). Data keterampilan menulis berupa rubrik penilaian, sedangkan data kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan lembar pernyataan. Data berkaitan dengan validitas dianalisis menggunakan CVR sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Validitas diukur menggunakan uji ahli sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dosen ahli dan 3 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan perhitungan CVR, untuk validitas isi instrumen keterampilan menulis tergolong valid. Untuk instrumen kemampuan berpikir kreatif, dari 50 pertanyaan, sebanyak 44 pernyataan dinyatakan valid dan 6 pernyataan dikatakan tidak valid. 2) Berdasarkan perhitungan, reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,77 yang berada pada rentang 0,60 < r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik). Hasil analisis data reliabilitas kemampuan berfikir kreatif sebesar 0,74 yang berada pada rentang 0,60 < r11 ≤ 0,80 derajat reliabilitas tinggi (baik). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan instrumen keterampilan menulis dan kemampuan berpikir kreatif yang valid dan reliabel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrument keterampilan menulis, instrument kemampuan berpikir kreatif, ADDIE |
Subjects: | A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Yamtinah |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 05:49 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 05:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4280 |
Actions (login required)
View Item |