PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PQ4R TERHADAP MINAT LITERASI HUMANISTIK DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS II TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Partami, Ketut (2020) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PQ4R TERHADAP MINAT LITERASI HUMANISTIK DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS II TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041015-COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041015-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041015-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Partami, Ketut (2020), Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Metode PQ4R Terhadap Minat Literasi Humanistik Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si, dan pembimbing II: Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, metode PQ4R, minat literasi humanistik, pendekatan saintifik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R terhadap minat literasi humanistik dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian 172 orang siswa. Sampel sebanyak 79 orang siswa diperoleh dengan teknik random sampling. Data minat literasi humanistik dikumpulkan dengan kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data menggunakan analisis Manova. Berdasarkan analisisi data penelitian didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R terhadap minat literasi humanistik siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) terdapat pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) secara simultan, terdapat pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R secara bersama-sama terhadap minat literasi humanistik dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh implementasi pendekatan saintifik dengan metode PQ4R terhadap minat literasi humanistik dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Tejakula Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode PQ4R, minat literasi humanistik, pendekatan saintifik
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ketut Partami
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:38
Last Modified: 21 Oct 2020 13:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4288

Actions (login required)

View Item View Item