PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V GUGUS VI KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sapitri, Desak Ketut Eni (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V GUGUS VI KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031389-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031389-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031389-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031389-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031389-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031389-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031389-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031389-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031389-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Metode Sosiodrama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Seririt Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Seririt Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 137 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 4 Patemon sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 1 Unggahan yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Perolehan rata-rata skor post-test eksperimen adalah 23,96 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kontrol adalah 20,12 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisi uji-t diperoleh thitung = 4,52dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 2,01. Hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel sehingga H0 ditolak dan H¬1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan metode sosiodrama terhadap hasil belajar siswa kelas V SD gusus VI Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : hasil belajar IPS, think pair share, metode sosiodrama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, think pair share, metode sosiodrama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desak Ketut Eni Sapitri
Date Deposited: 22 Oct 2020 00:49
Last Modified: 22 Oct 2020 00:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4328

Actions (login required)

View Item View Item