Senmay, Ketut (2020) EFEKTIVITAS MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031214-Cover.pdf Download (884kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031214-Abstrak.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031214-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031214-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031214-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031214-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031214-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031214-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031214-LAMPIRAN.pdf Download (269kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar PKn, penelitian ini menggunakan metode pencatatan dokumen terhadap artikel di ejurnal yang berkaitan dengan model pembelajaran pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar PKn, dari hasil pencatatan dokumen diperoleh empat artikel yang sejenis dengan tujuan penelitian ini, analisis data dari empat artikel tersebut menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yakni menghitung effect size dengan mengidentifikasi mean dan standar deviasi dari perhitungan uji t yang telah dilakukan. Adapun hasil analisis data dari empat artikel yaitu yang pertama, penelitian yang dilakukan oleh Martini, Meter dan Suara (2013) yang berjudul pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbasis masalah sosial terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD mendapatkan nilai effect size sebesar 2.732 berada pada kategori sangat tinggi. Kedua, penelitian yang dilakukan oleh Suartana, Suranata, Sulastri (2014) berjudul pengaruh model pembelajaran quantum teaching dengan teknik peta konsep terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD mendapatkan nilai effext size sebesar 1.060 berada pada kategori sedang. Ketiga, penelitian yang dilakukan oleh Sukasari, Asri dan Suadnyana (2014) berjudul pengaruh penerapan model pembelajaran kuantum berbantuan multimedia terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas V SD mendapatkan nilai effect size sebesar 2.72 berada pada kategori sangat tinggi. Keempat, penelitian yang dilakukan oleh Pradnyani, Kristiantari dan Asri (2017) berjudul pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbasis kearifan lokal tat twam asi terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD mendapatkan nilai effect size sebesar 1.86 berada pada kategori sangat tinggi. Sebagian besar nilai effect size berada pada kategori sangat tinggi, hal tersebut berarti Model pembelajaran Quantum Teaching efektif digunakan pada proses pembelajaran PKn siswa. Kata kunci: quantum teaching, PKn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quantum teaching, PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KETUT SENMAY |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 09:01 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 09:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4332 |
Actions (login required)
View Item |