Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Muatan Pelajaran IPA, Tema 7 Kelas IV SD di Kabupaten Jembrana

Mahardika, I Made Hari Palgunadi (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Muatan Pelajaran IPA, Tema 7 Kelas IV SD di Kabupaten Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (305kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031265-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031265-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031265-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031265-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031265-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada muatan pelajaran IPA, Tema 7, kelas IV SD di Kabupaten Jembrana. Perangkat pembelajaran yang dimaksud yaitu terdiri atas; 1). silabus, 2). rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja Peserta Didik (LKPD). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Reaserch development atau sering dikenal dengan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model 4D (four-D). Tahapan dari model pengembangan 4D dibagi menjadi 4, yaitu Define (pendefinisian), Design (perencanangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan). Subjek dalam penelitian ini yaitu ahli pembelajaran, ahli bidang pengetahuan IPA, dan 2 orang guru kelas IV dari SD yang berbeda di Kabupaten Jembrana. Objek dari penelitian yang digunakan adalah pengembangan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Skor Validasi keseluruhan perangkat silabus, RPP dan LKPD yaitu silabus = 4,13, RPP = 4,22, LKPD = 4,41. konversi nilai berdasarkan Patokan Acuan Penilaian (PAP) Skala Lima mendapat katagori Sangat Baik (SB), sehingga perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe TSTS yang melalui proses uji coba dari 4 orang ahli yang sudah ditentukan dan dinyatakan Valid. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Perangkat Pembelajaran, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Perangkat Pembelajaran, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I MADE HARI PALGUNADI MAHARDIKA
Date Deposited: 23 Oct 2020 10:13
Last Modified: 23 Oct 2020 10:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4335

Actions (login required)

View Item View Item