Try Septinan Dewi, Komang (2020) EFEKTIFITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031361-COVER.pdf Download (695kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031361-ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031361-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (414kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031361-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031361-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031361-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031361-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031361-DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031361-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tejakula. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tejakula. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah development research dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Metode dalam penelitian ini adalah non tes dengan memberikan kuesioner untuk memperoleh penilaian terhadap RPP yang dilakukan oleh pakar dan hanya dilakukan penyebaran rencana pelaksanaan pembelajaran pada wali kelas tanpa melaksanakan uji coba. Hasil analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tejakula diperoleh hasil: validitas isi instrumen sebesar 1 yakni pada kategori validitas sangat tinggi, dan uji reliabilitas instrumen sebesar 0.77 pada kategori kuat. . Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Matemtaika Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tejakula diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Saran untuk penelitian selanjutnyauntuk dapat mengembangkan model perangkat pembelajaran ini dan mengkaitkannya dengan mata pelajaran lain, sehingga nantinya dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan matematika realistik, perangkat pembelajaran, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Try Septiana Dewi |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 22:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 22:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4361 |
Actions (login required)
View Item |