Pratana, Pande Putu Rizky Ari (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031110-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031110-ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031110-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031110-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031110-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031110-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031110-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031110-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran dengan model think pair share (TPS) pada mata pelajaran IPA tema Kayanya Negeriku kelas IV SD. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model TPS pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan berpedoman pada model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation, karena keterbatasan waktu serta situasi kondisi yang kurang mendukung penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Hasil analisis pengembangan perangkat pembelajaran dengan model think pair share (TPS) memperoleh hasil: validitas isi instrumen sebesar 1,00 dengan interprestasi sangat tinggi, reliabilitas instrumen memperoleh koefisien kepraktisan 100%, dan validasi perangkat pembelajaran memiliki rata-rata 4,67 dengan interprestasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan yakni validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPA Tema Kayanya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model think pair share (TPS) ini dengan melakukan penelitian eksperimen dan dapat menerapkan pada mata pelajaran yang lain agar siswa dapat berperan aktif, memaksimalkan peran guru sebagai fasilitator sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, think pair share (TPS), dan IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Pande Putu Rizky Ari Pratana |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:25 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 03:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4402 |
Actions (login required)
View Item |