PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD DI GUGUS VII KECAMATAN BUSUNGBIU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Pratama, Dewa Gede Widhya Surya (2020) PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD DI GUGUS VII KECAMATAN BUSUNGBIU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031087-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031087-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031087-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakannya bertujuan untuk mengembangkan tes dan mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes kemampuan berpikir kritis untuk siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Busungbiu. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian pengembangan yang menggunakan menggunakan model 4D Thiagarajan. Instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis ini diuji oleh pakar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu pencatatan dokumen dan observasi. Sesuai dengan hasil analisi yang dilakukan, instrumen tes kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai validasi sebesar 0,937, dan berada pada katagori sangat tinggi. Sedangkan hasil uji reliabilitas istrumen tes diperoleh sebesar 0,92 dan berada pada katagori sangat tinggi yaitu berada pada rentangan 0,80-1,00. Hal ini berarti, tes kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan dapat digunakan sebagai tes standar dalam mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada tema delapan, sub-tema tiga di gugus VII kecamatan busungbiu tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Tes, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dewa Gede Widhya Surya Pratama
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:28
Last Modified: 23 Oct 2020 03:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

View Item View Item