SARI, PUTRI IMAN (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1819041040-COVER.pdf Download (719kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1819041040-ABSTRAK.pdf Download (479kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1819041040-BAB I PENDAHALUAN.pdf Download (504kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1819041040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1819041040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1819041040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1819041040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1819041040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1819041040-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Pengembangan 4-D oleh Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Karena situasi pandemi covid-19 maka tahapan pengembangan instrumen hanya sampai pada tahap develop. Analisis yang digunakan adalah teknik Lawshe untuk menghitung Content Validity Ratio (CVR). Uji reliabilitas oleh expert untuk kedua instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis melibatkan 2 orang dosen ahli dan 3 orang guru kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika dengan bentuk tes uraian yang terdiri dari 20 butir soal dinyatakan valid dengan CVR > 0,60 dengan tingkat reliabilitas r11 = 0,78. Instrumen self efficacy dengan bentuk angket berjumlah 30 butir soal dinyatakan valid CVR > 0,60 reliabilitas r11 =0,87.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, kemampuan pemecahan masalah matematika, dan self efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Putri Iman Sari |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 12:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 12:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4421 |
Actions (login required)
View Item |