KUSUMAWARDHANA, I NYOMAN (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN SPATIAL SENSE (KSS) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041046-COVER.pdf Download (653kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041046-ABSTRAK.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (384kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUPAN)
1829041046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041046-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh instrumen pengukuran kemampuan spatial sense (KSS) serta kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang siswa kelas V SD yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Tetapi proses penelitian berhenti hanya sapai tahap develop, karena terjadinya pandemik di Indonesia. Analisis yang digunakan adalah uji validitas isi (content) untuk instrumen kemampuan spatial sense dan instrumen kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan perhitungan Content Validity Ratio (CVR) dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis melibatkan 2 orang dosen ahli dan 3 orang rekan guru kelas V yang berperan sebagai validator instrumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen kemampuan spatial sense dengan bentuk tes uraian yang pada awalnya terdiri dari 18 butir mendapatkan hasil 15 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai = 0,76. Sedangkan hasil instrumen kemampuan berpikir kritis dengan bentuk tes uraian yang pada awalnya terdiri dari 18 butir mendapatkan hasil 14 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai = 0,80.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, spatial sense, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Nyoman Kusumawardhana |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 12:38 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 12:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4424 |
Actions (login required)
View Item |