PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN SPATIAL SENSE (KSS) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD

KUSUMAWARDHANA, I NYOMAN (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN SPATIAL SENSE (KSS) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041046-COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041046-ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUPAN)
1829041046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041046-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh instrumen pengukuran kemampuan spatial sense (KSS) serta kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang siswa kelas V SD yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Tetapi proses penelitian berhenti hanya sapai tahap develop, karena terjadinya pandemik di Indonesia. Analisis yang digunakan adalah uji validitas isi (content) untuk instrumen kemampuan spatial sense dan instrumen kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan perhitungan Content Validity Ratio (CVR) dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis melibatkan 2 orang dosen ahli dan 3 orang rekan guru kelas V yang berperan sebagai validator instrumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen kemampuan spatial sense dengan bentuk tes uraian yang pada awalnya terdiri dari 18 butir mendapatkan hasil 15 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai  = 0,76. Sedangkan hasil instrumen kemampuan berpikir kritis dengan bentuk tes uraian yang pada awalnya terdiri dari 18 butir mendapatkan hasil 14 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai  = 0,80.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: instrumen, spatial sense, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Nyoman Kusumawardhana
Date Deposited: 23 Oct 2020 12:38
Last Modified: 23 Oct 2020 12:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4424

Actions (login required)

View Item View Item