Desiana, Made Rizky Krisna (2020) UJI KORELASIONAL ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031180-COVER.pdf Download (595kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031180-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031180-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031180-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031180-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031180-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031180-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031180-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031180-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS, korelasi yang signifikan antara gaya belajar siswa dan hasil belajar IPS, serta korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian expost-facto. Populasi penelitian yang digunakan sebanyak 119 siswa, sedangkan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 108 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan analisis uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, uji multikoliniearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh: (1) Terdapat korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS dengan rx1y = 0,724 dengan koefisien determinasi sebesar 52,4%; (2) Terdapat korelasi yang signifikan antara gaya belajar siswa dan hasil belajar IPS dengan rx2y = 0,614 dengan koefisien determinasi sebesar 37,7%; (3) Secara simultan, terdapat korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS dengan rx1x2y = 0,764 dengan koefisien determinasi sebesar 58,4%. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel pada taraf signifikansi 5% = 0,189. Hal tersebut berarti H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS, terdapat korelasi yang signifikan antara gaya belajar siswa dan hasil belajar IPS, serta secara simultan terdapat korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Buleleng. Dengan demikian, baik dan buruknya faktor lingkungan keluarga dan gaya belajar siswa mempengaruhi hasil belajar IPS yang diperoleh siswa. Berdasarkan hasil temuan tersebut, agar penelitian ini dapat dijadikan penunjang penelitian lain serta menambah wawasan guru, orang tua, siswa serta seluruh pembaca. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Gaya Belajar Siswa, dan Hasil Belajar IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Keluarga, Gaya Belajar Siswa, dan Hasil Belajar IPS. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | MADE RIZKY KRISNA DESIANA |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 12:57 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 12:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4433 |
Actions (login required)
View Item |