PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA MOTIVASI BEPRESTASI DI KALANGAN SISWA SMP

Hanifa, Annisa Nur (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA MOTIVASI BEPRESTASI DI KALANGAN SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611011026-COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611011026-ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611011026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611011026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611011026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611011026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611011026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611011026-LAMPIRAN.pdf

Download (811kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument Skala Motivasi Berprestasi di kalangan siswa SMP. Motivasi berprestasi merupakan energy pendorong setiap pribadi seseorang agar menjadi unggul dalam berbagai dimensi, melalui pemenuhan kebutuhan dasar manusia untuk menghadirkan afeksi positif. Metode Research and Development yang dipakai ialah model pengembangan ADDIE yang mencakup 5 tahap yakni Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Subyek penelitian pengembangan ini diantaranya 3 dosen ahli serta 2 guru bimbingan dan konseling untuk menilai tingkat validitas 50 butir pernyataan serta siswa SMP yang akan mengisi google form. Data dianalisis memakai Lawshe CVR (content validity ratio) dan CVI (content validity indeks). Hasil perhitungan yaitu CVR sebesar 1 per tiap item pernyataan maka hasil dari analisis CVI = 1. Sehingga isi item Skala Motivasi Berprestasi dinyatakan Valid. Kemudian perhitungan reliabilitas dengan mengujicobakan instrument kepada 28 siswa SMP memberikan hasil perhitungan SPSS Crombach’s Alpha yaitu 0.684 reliabilitas moderat sehingga koesioner ini dikatakan konsisten (reliable).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Skala Motivasi Berprestasi, Bimbingan, Konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: ANNISA NUR HANIFA
Date Deposited: 23 Oct 2020 23:55
Last Modified: 23 Oct 2020 23:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4435

Actions (login required)

View Item View Item