WIDNYANA, I WAYAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD N 1 NAWA KERTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1611031269-COVER.pdf Download (634kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031269_ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031269_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031269_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031269_BAB III METODELOGI PENELITIAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031269_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031269_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031269_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031269-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap hasil Bbelajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD N 1 Nawa Kerti Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020. Kuasi eksperimen menjadi jenis dari penelitian ini dengan rancangan penelitian post test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD N 1 Nawa Kerti yang berjumlah 46 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik group random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 1 Nawa Kerti yang terdiri dari 24 orang siswa pada kelompok eksperimen dan 22 orang siswa pada kelompok kontrol. Tes hasil belajar Bahasa Indonesia adalah instrument yang digunakan pada saat pengumpulan data. Data yang didapatkan kemudian dianalisis ke dalam dua tahap yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Rata-rata nilai hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) adalah 16,21. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) adalah 11,59. Pada penggunaan uji-t dengan rumus polled varians dipengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (thitung = 7,00 > ttabel = 1,68). Ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) di kelas V SD N 1 Nawa Kerti Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V. Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran SQ3R, hasil belajar Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran SQ3R, hasil belajar Bahasa Indonesia. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Widnyana |
Date Deposited: | 25 Oct 2020 02:42 |
Last Modified: | 25 Oct 2020 02:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4447 |
Actions (login required)
View Item |