PENGEMBANGAN INSTRUMEN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN TANGGAP BENCANA DI TAMAN KANAK-KANAK

ES., Chruasita Dewi Prabarini Putri (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN TANGGAP BENCANA DI TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061037-COVER.pdf.pdf

Download (748kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061037-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (398kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061037-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061037-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (30kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061037-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (725kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan instrumen penilaian kesiapsiagaan bencana gempa bumi di TK untuk kelompok B yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedur dalam model pengembangan prosedural ini meliputi, 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produk masal. Dari sepuluh prosedur tersebut, hanya tujuh tahapan yang digunakan untuk dijadikan acuan dalam memproduksi dan memvalidasi instrumen penilaian, tiga diantaranya tidak digunakan karena keterbatasan waktu dan kondisi. Pada tahap validasi instrumen atau validasi desain penilaian akan dilakukan oleh dua ahli materi, dan validasi instrumen dalam penelitian ini dihitung menggunakan formula Gregory. Tahap uji coba produk menggunakan total 30 siswa dan hasilnya akan dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbacth. Hasil penelitian ini adalah uji validitas isi sebesar 1.00 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi, dan uji validitas butir yang dihasilkan ialah 9 butir item valid. Selanjutnya, untuk uji reliabilitas instrumen diperoleh hasil sebesar 0,66 termasuk kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut telah teruji validitas dan reliabilitasnya sehingga dapat digunakan sebagai alat penilaian pembelajaran yang akurat untuk mengukur tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi di TK pada kelompok B. Kata Kunci: instrumen penilaian, kesiapsiagaan, bencana gempa bumi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, kesiapsiagaan, bencana gempa bumi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: CHRUASITA DEWI PRABARINI PUTRI ES.
Date Deposited: 08 Feb 2021 01:31
Last Modified: 08 Feb 2021 01:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4895

Actions (login required)

View Item View Item