ES., Chruasita Dewi Prabarini Putri (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN TANGGAP BENCANA DI TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061037-COVER.pdf.pdf Download (748kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061037-ABSTRAK.pdf.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (398kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061037-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061037-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (30kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061037-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (725kB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan instrumen penilaian kesiapsiagaan bencana gempa bumi di TK untuk kelompok B yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedur dalam model pengembangan prosedural ini meliputi, 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produk masal. Dari sepuluh prosedur tersebut, hanya tujuh tahapan yang digunakan untuk dijadikan acuan dalam memproduksi dan memvalidasi instrumen penilaian, tiga diantaranya tidak digunakan karena keterbatasan waktu dan kondisi. Pada tahap validasi instrumen atau validasi desain penilaian akan dilakukan oleh dua ahli materi, dan validasi instrumen dalam penelitian ini dihitung menggunakan formula Gregory. Tahap uji coba produk menggunakan total 30 siswa dan hasilnya akan dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbacth. Hasil penelitian ini adalah uji validitas isi sebesar 1.00 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi, dan uji validitas butir yang dihasilkan ialah 9 butir item valid. Selanjutnya, untuk uji reliabilitas instrumen diperoleh hasil sebesar 0,66 termasuk kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut telah teruji validitas dan reliabilitasnya sehingga dapat digunakan sebagai alat penilaian pembelajaran yang akurat untuk mengukur tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi di TK pada kelompok B. Kata Kunci: instrumen penilaian, kesiapsiagaan, bencana gempa bumi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, kesiapsiagaan, bencana gempa bumi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | CHRUASITA DEWI PRABARINI PUTRI ES. |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 01:31 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 01:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4895 |
Actions (login required)
View Item |