Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn materi hak kewajiban an tanggung jawab kelas V SD gugus I kecamatan sawan tahun pelajaran 2019/2020

astiwi, kadek perdinna tri (2021) Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn materi hak kewajiban an tanggung jawab kelas V SD gugus I kecamatan sawan tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031145-COVER1.pdf

Download (625kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031145-ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031145-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031145-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031145-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031145-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031145-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031145-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031145-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn materi hak kewajiban dan tanggung jawab kelas V SD. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model RDR (Research Development, Research) Subyek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran PPKn yang berupa kisi-kisi instrumen, penilaian tes dalam bentuk uraian dengan jumlah soal sebanyak 20 butir serta rubrik penilaian. Instrumen kemampuan berpikir kritis ini telah diuji oleh dua orang pakar/ahli untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Dari hasil analisis uji validitas isi didapatkan hasil sebesar 1.00 yang berada pada kategori sangat tinggi, dan berdasarkan uji validitas butir instrument yaitu r hitung > r tabel. Sehingga keseluruhan butir instrument dinyatakan valid. Serta hasil analisis uji reliabilitas instrument kemampuan berpikir kritis sebesar 0.84 dengan kriteria reliabilitas sangat tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, PPKn, Instrumen Penilaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: KADEK PERDINNA TRI ASTIWI
Date Deposited: 14 Feb 2021 23:47
Last Modified: 14 Feb 2021 23:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4946

Actions (login required)

View Item View Item