PEMANFAATAN VLOG UNTUK MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS K13 PADA SISWA KELAS XI MIA SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

PURBA, BONUR SILVIA (2021) PEMANFAATAN VLOG UNTUK MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS K13 PADA SISWA KELAS XI MIA SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1612011041-COVER.pdf

Download (393kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011041-ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1612011041- BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1612011041- BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1612011041- BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011041- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1612011041-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011041-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) teknik pemanfaatan vlog untuk memproduksi teks prosedur dalam pembelajaran berbasis teks K13 pada siswa kelas XI MIA SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja, (2) kendala- kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pemanfaatan vlog untuk memproduksi teks prosedur dalam pembelajaran berbasis teks K13 pada kelas XI MIA SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja, (3) respons siswa kelas XI MIA SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja dalam pemanfaatan vlog untuk memperoduksi teks prosedur dalam pembelajaran berbasis teks K13. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan vlog untuk memproduksi teks prosedur dalam pembelajaran berbasis K13. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik pemanfaatan vlog dalam memproduksi teks prosedur tergolong positif dengan nilai rata-rata siswa di atas KKM (2) kendala- kendala yang dihadapi guru meliputi kurangnya keahlian membuat video, terbatasnya video yang dimiliki guru,memerlukan waktu yang cukup lama dan kendala siswa meliputi speaker terkadang kurang berfungsi normal, gambar vlog kurang jelas, tempo video yang terlalu cepat (3) respons siswa terhadap pemanfatan vlog tergolong positif. Secara keseluruhan respons siswa di dua kelas jika dipersentasekan menjadi 57,2% dikategorikan positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan media Vlog, Teks Prosedur, SMAS Lab Undiksha
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: BONUR SILVIA PURBA
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:35
Last Modified: 11 Feb 2021 03:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item