PURBA, BONUR SILVIA (2021) PEMANFAATAN VLOG UNTUK MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS K13 PADA SISWA KELAS XI MIA SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1612011041-COVER.pdf Download (393kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011041-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1612011041- BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1612011041- BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1612011041- BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011041- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1612011041-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011041-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) teknik pemanfaatan vlog untuk memproduksi teks prosedur dalam pembelajaran berbasis teks K13 pada siswa kelas XI MIA SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja, (2) kendala- kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pemanfaatan vlog untuk memproduksi teks prosedur dalam pembelajaran berbasis teks K13 pada kelas XI MIA SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja, (3) respons siswa kelas XI MIA SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja dalam pemanfaatan vlog untuk memperoduksi teks prosedur dalam pembelajaran berbasis teks K13. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan vlog untuk memproduksi teks prosedur dalam pembelajaran berbasis K13. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik pemanfaatan vlog dalam memproduksi teks prosedur tergolong positif dengan nilai rata-rata siswa di atas KKM (2) kendala- kendala yang dihadapi guru meliputi kurangnya keahlian membuat video, terbatasnya video yang dimiliki guru,memerlukan waktu yang cukup lama dan kendala siswa meliputi speaker terkadang kurang berfungsi normal, gambar vlog kurang jelas, tempo video yang terlalu cepat (3) respons siswa terhadap pemanfatan vlog tergolong positif. Secara keseluruhan respons siswa di dua kelas jika dipersentasekan menjadi 57,2% dikategorikan positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan media Vlog, Teks Prosedur, SMAS Lab Undiksha |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | BONUR SILVIA PURBA |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 03:35 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 03:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4949 |
Actions (login required)
View Item |