Pasaribu, Septyan (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO UNDERWATER PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR RENANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1616011017-COVER.pdf Download (838kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1616011017-ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB 1)
1616011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (179kB) |
|
Text (BAB 2)
1616011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1616011017-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1616011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1616011017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1616011017-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media video underwater pembelajaran teknik dasar renang. (2) Untuk mengetahui tanggapan para ahli terhadap pengembangan media video underwater pembelajaran teknik dasar renang. (3) Untuk mengetahui tanggapan dari peserta didik dalam uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar terhadap pengembangan media video underwater pembelajaran teknik dasar renang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Data dikumpulkan dengan menggunakan google form yang memuat instrument penilaian media oleh para ahli dan untuk uji coba pada peserta didik. Prosedur validasi media video yaitu diawali dengan uji ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan uji perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) rancang bangun pengembangan media video underwater pembelajaran teknik dasar renang menggunakan model ADDIE menghasilkan storyboard & flowchart, (2) tanggapan para ahli yaitu Ahli Isi 70% (Cukup Baik), Ahli Media Pembelajaran 76% (Baik) dan Ahli Desain Pembelajaran 78% (Baik), (3) tanggapan dari peserta didik: Perorangan 83% (Sangat Baik), Kelompok Kecil 98,67% (Sangat Baik) dan Kelompok Besar 89,42% (Sangat Baik). Sehingga media layak untuk digunakan menurut ahli dan peserta didik. Disarankan bagi Pendidik produk ini dapat digunakan untuk menjadi media dalam proses pembelajaran kepada peserta didik/atlet, bagi peserta didik dapat lebih fokus untuk memperhatikan media kapan saja dan dimana saja, dan bagi peneliti lainnya diharapkan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: media, pembelajaran, teknik dasar, dan renang. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Septyan Pemardo Pasaribu |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 14:38 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 14:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4977 |
Actions (login required)
View Item |